11 Tips Candid Photography

Untuk bisa mendapatkan moment foto-foto candid yang bagus, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan disiapkan.

Berikut beberapa tips dari kami tim Siswojo Pictures, yang selalu kami persiapkan dan lakukan :
1. Selalu membawa kamera kemanapun. Kamera harus selalu dalam posisi stand by untuk shoot, saat ada moment untuk di candid.
2. Gunakan lensa tele. Dengan alasan, semakin jauh dari lingkup pasangan, semakin kecil kemungkinan mereka (pasangan pengantin) merasakan kehadiran sang fotografer. Meski demikian, jangan lupa Anda tetap menjaga komunikasi dengan pasangan pengantin.

3. Sebisa mungkin no flash. Oleh karena itu, gunakan lensa tele dengan aperture besar.
4. Ambil gambar sebanyak mungkin dengan burst mode. Dari rentetan gambar tersebut; pasti ada yang sangat bagus dan ekspresif serta tak terduga.
5. Posisikan diri Anda secara strategis. Ikuti saat latihan (mempelai) yang diadakan, cari tahu prosesi upacara memasuki gedung. Intinya, kita harus siap untuk mengambil angle dari mana, dan berada di sana pada waktunya.
6. Fotolah saat target foto Anda melakukan sesuatu. Foto akan menjadi lebih hidup, ketimbang foto seseorang yang tidak melakukan apa-apa atau tanpa ekspresi.

7. Ambil Foto seseorang yang sedang berinteraksi dengan orang lainnya, agar foto dapat lebih bercerita dan terlihat hubungan antara keduanya.
8. Ambil foto dari batas pinggang kita. Ketika yang hendak di foto selalu sadar akan ketika diambil gambarnya. Gunakan lensa wide. Dan karena jaman digital, tidaklah rugi untuk mengambil beberapa foto dari batas pinggang dan lihatlah hasilnya dari angle tak terduga. Menyenangkan lho.
9. Ambil beberapa angle. Mengambil gambar dari batas pinggang bisa jadi menarik. Jangan lupa eksplorasi angle lain; dari balkon, atau sambil jongkok, atau dari extreme low angle.
Have fun dan bereksperimen lah dengan angle-angle tersebut.
10. Framing dengan objek di depan / foreground. Gunakan seseorang di depan target foto Anda sebagai frame dan objek pemberi dimensi.

11. Ambil gambar candid saat target sedang pose atau foto grup, di saat rekan fotografer kita sedang foto dengan gaya formal. Cobalah untuk mengambil gambar sebagian kecil dari grup itu dari posisi menyamping dari fotografer yang sedang foto formal. Timing ambilnya bisa di saat mereka sedang berkumpul untuk membentuk barisan di pelaminan atau sesaat setelah foto grup selesai biasanya suka ada yang bercanda dengan pasangan atau dengan teman foto grup disampingnya.

Timing, Kepekaan dan Penguasaan alat merupakan kunci utama untuk bisa mendapatkan foto-foto candid yang bagus.

Buat yang percaya, sebenarnya ada satu lagi faktor yang menentukan, yaitu hoki or luck.
So, good luck guys!

Salam
Siswojo Pictures

Leave your comments

Post comment as a guest

0
terms and condition.
Load Previous Comments
Back to top
Back to top